Kamis, 07 Juli 2011

KRITERIA GURU YANG TIDAK DISUKAI

            Siapa yang tidak mau menjadi guru yang disukai siswa? Semua guru pastinya mengharapkan itu. Tapi tahukah anda bahwa semakin minta disukai semakin jauh kita dari kriteria guru yang layak dalam pendidikan dan disukai siswa. Jika disukai siswa menjadi tujuan kita maka sebagai guru tidak ada yang namanya profesionalisme lagi. Namun yang ada hanyalah menuruti apa yang siswa mau dan inginkan, bahkan kadang yang diinginkan sudah keluar dari jalur kegiatan belajar dan mengajar.
Berikut adalah kriteria guru yang tidak disukai.....

1. Mengajar sebab NAK HABISKAN SILABUS, buakn sebab NAK KAMU HARUS PAHAM.
    Guru yang semacam ini tidak mempunyai rancangan mengajar yang betul, atau terlalu sibuk dengan tugas. dan mengajar sesuk hati nya, tidak peduli pada anak didiknya.

2. Mengajar tidak ikhlas. Semata-mata mengharapkan gaji. <_<
Ada setengah orang bila dah menganggur atau tak dapat cari kerja, akhirnya pilih kerja sebagai guru. Malangnya, apabila sudah jadi guru, dia tidak mengajar dengan bersungguh-sungguh, sebaliknya cuma mengharapkan cukup bulan dan dapat gaji.

3. Mengajar syok sendiri. 
 Mengajar tanpa mempedulikan anak didiknya di dalam kelas. Ada guru yang sibuk 'bercakap sendiri dengan papan hitam' . .tidak komunikatif pada anak didiknya. Atau menyindir siswa yang memang mendapat cap atau maslah di sekolah.

4. Pilih kasih. :(
Sebenarnya, bukan anak didik yang kurang perhatian. Namun timbul rasa iri hati kepada teman sekelasnya yang condong memberi perhatian lebih kepada anak didik lain yang mungkin karena (cantik/comel, anak orang kaya, anak tetangga, anak teman atau mungkin pandai). Hal seperti ini pasti akan memicu timbulnya cemburu di dalam hati terhadap temen-temannya yang mendapat perhatian lebih tersebut. Seharusnya guru harus memberi perhatian yang sama rata apalagi pada anak didik yang pemahamannya kurang.

5. Anak didik menjadi Pelampiasan masalah. :unsure:
Ada seorang guru yang mempunyai masalah di rumah , masalah sosial pada dirinya atau masalah konflik batin dalam dirinya, membawanya ke sekolah dan melampiaskan pada anak didiknya. Yang mungkin kebetulan anak didik nakal atau tidak paham dan tidak sesuai dengan harapannya.Seharusnya guru dapat menahan emosinya.


Dan berikut adalah TIPS Menjadi Guru yang diSUKAI

1. Tidak terlalu banyak menggunakan metode ceramah.
2. Memberikan contoh kepada siswa apa yang ingin siswa lakukan, Jika anda sebagai guru dan berharap siswa anda hormat kepada anda, silahkan terlebih dahulu anda menjaga harga diri siswa anda di dalam kelas.
3. Jika marah atau kecewa pada siswa, berbicaralah dengan baik buakan berteriak pada mereka.
4.Berbagi senyum tulus pada semua siswa, bahkan kepada siswa yang di cap bermasalah.
5. Memotivasi siswa dengan cara yang baik, bukan menyindirnya.
6. Menggunakan humor pada waktu dan tempat yang tepat.
7. Mudah diajak berteman oleh siswa dan bukan menjadi teman siswa. Dalam arti mudah diajak berteman namun anda pihak yang pasif dalam berkomunikasi tapi tetap dengan cara yang profesional menjadi guru, agar tidak menyulitkan anda pada suatu hari.
8. Penyabar dan menggangap semua siswa sedang berproses, serta hindari meneruskan cap guru lain pada siswa tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar