Kamis, 07 Juli 2011

Tips Menjadi Guru yang Menyenangkan

Pandangan siswa sifat-sifat atau karakteristik guru-guru yang disenangi para siswa adalah guru-guru yang :
     a. Demokratis
     b. Suka bekerja sama (kooperatif)
     c. Baik hati
     d. Sabar
     e. Adil
     f.  Konsisten
     g. Bersifat terbuka
     h. Suka menolong
      i. Ramah tamah
Dan sifat-sifat lain yang disenangi siswa adalah
     a. Suka humor
     b. Memiliki berbagai ragam macam minat
     c. Menguasai bahan pelajaran
     d. Fleksibel
     e. Menaruh minat yang baik terhadap siswa

Tips Menjadi Guru yang Menyenangkan
     a. Mampu menciptakan suasana yang menyenagkan di dalam kelas atau dalam mendidik karena dengan suasana senang kegiatan belajar akan berjalan lebih efektif. Yaitu seorang guru harus bisa menjadi seperti penyanyi, pendongeng, seniman , pelawak, ilmuwan, pesulap, dll.
     b. Harus mampu memahami psikologi anak yang pada dasarnya anak belum dewasa maka diperlukan suatu kesabaran, pengertian, dan toleransi yang mendalam.
     c. Bangkitnya minat seorang pengajar di dalam dirinya karena memang ada keinginan mengajar atau mempelajari suatu materi pelajaran.
     d. Adanya keterlibatan yang memerlukan hubungan timbal balik. Apa yang dipelajari dan siapa yang ingin mempelajari maka perlu adanya jalinan yang akrab dan saling memahami.
     e. Adanya pemahaman atau penguasaan materi dan rasa ingin tahu. Dengan hal tersebut maka untuk menguasai materi yang dipelajarinya akan tumbuh secara hebat apabila dia berminat, dapat terlibat dan terkesan.
     f. Terciptanya makna dari sesuatu yang "menyenangkan" apabila suatu pembelajaran dapat menimbulakan kesan mendalam terhadap para pemelajar dalam pembelajaran.
     g. Muncul nilai rasa bahagia dalam diri pemelajar apabila dia merasa mendapatkan manfaat atau makna ketika mempelajari sesuatu dia merasa bahagia, di teguhkan sebagai seorang yang berpotensi dan di hargai jerih payahnya dalam memahami hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar